1 September 2014

Candi Ijo, Prambanan, Yogyakarta

Apakah Anda tahu candi tertinggi di Yogyakarta itu dimana? Apakah Candi Bokoharjo? Ternyata jawabannya tidak. Kenapa? Karena ada nama Candi Ijo dimana candi ini letaknya berada paling tinggi diantara candi-candi yang lain yakni sekitar 400 meter di atas permukaan laut.
Letak Candi Ijo sendiri berada di sebelah selatan Candi Boko tepatnya di Bukit Ijo atau Gumuk Ijo Desa Sambirejo, Prambanan Sleman.
Jalan menuju Candi Ijo kalau dari Kota Yogyakarta langsung saja menuju ke daerah Prambanan. Setelah sampai di Pasar Prambanan/pertigaan traffic light menuju ke selatan atau sama dengan arah menuju ke Candi Boko sekitar 4 kilometer. Nanti di kanan jalan/timur jalan Anda akan menemui papan bertuliskan Candi Boko kemudian ikuti arah papan tersebut. Setelah masuk jalan kecil sekitar 1 kilometer nanti Anda akan menemui perempatan. Kalau ingin menuju Candi Boko maka belok kiri dan belok kanan untuk menuju Candi Ijo. Ikuti jalan tersebut hingga menemui pertigaan lalu belok kiri atau ke arah timur memasuki Desa Sambirejo. Kalau misalnya kurang jelas Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar. Heheheh... Tapi tanyanya yang sopan dan santun ya :D
Untuk jalan naik ke arah Candi Ijo nanti Anda akan menemui pertigaan lagi lalu silahkan belok kiri arah naik dan luruusss saja nanti sampailah ke Candi Ijo. Untuk akses jalan cukup mudah hanya nanti ketika Anda sampai di jalan tanjakan menuju Candi Ijo, kontur jalan lumayan kasar. Karena banyak lubang dan aspal yang rusak akibat banyaknya kendaraan truk pengangkut batu yang lalu lalang. Semoga penjelasan saya tentang jalan menuju ke Candi Ijo ini cukup membantu ya kawan.
Untuk suasananya saya katakan sangat luar biasa. Karena memang letaknya yang paling tinggi diantar candi-candi yang lain maka jika Anda datang kemari, Anda bisa dapatkan pemandangan berupa hamparan sawah dan sebagian kota Yogyakarta dari atas sini (Candi Ijo).
Terlebih lagi jika Anda datang di sore hari, sembari bersantai selain pemandangan indah, udara sejuk dan suasana yang tenang Anda bisa melihat matahari yang kian merunduk menuju ufuk barat alias sunset. Mantaapp kann kawaan..

Menurut saya, Candi Ijo ini adalah kawasan wisata yang bisa dibilang masih murah dan alami. Dengan pesona pemandangan yang sangat indah kita bisa bersantai, mengabadikan momen bersama teman atau keluarga, selain itu kita juga bisa belajar mengenai ilmu sejarah yang berkaitan dengan pembangunan Candi Ijo tersebut serta rasa syukur kepada Sang Pencipta atas semua yang tersedia di bumi ini.

Hasil fotografi sederhana saya dengan teman teman pemuda di Candi Ijo:




1 komentar:

Dont forget to leave comments :)