31 Agustus 2014

Pengalaman Mengikuti Seleksi Mandiri Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014 (SM UNY 2014)


Setelah lama vakum untuk menulis di blog saya yang sederhana ini kali ini saya akan menulis tentang pengalaman saya mengikuti Selesi Mandiri UNY di tahun 2014 di bulan Agustus tepatnya hari Minggu tanggal 10 Agustus.
Seperti tahun tahun sebelumnya Seleksi Mandiri UNY 2014 atau disingkat SM UNY diadakan setelah pelaksanaan SBMPTN. Dimana SM UNY dilaksanakan oleh pihak kampus sendiri.
Jadi materi dalam soal-soal yang diberikan pasti disusun oleh pihak kampus.
Saya sendiri dalam SM UNY ini memilih kelompok Campuran atau IPC dengan ujian tulis. Pada dasarnya saya adalah lulusan SMK yang termasuk dalam keolompok IPS. Tetapi entah kenapa kali ini saya ingin mengikuti kelompok IPC dan jurusan yang saya pilih ada 3 yakni: Diploma Teknik Sipil, yang kedua adalah Ilmu Komunikasi dan yang terakhir Pendidikan Bahasa Jawa.
Alasan memilih jurusan Diploma Teknik Sipil karena menurut saya prospeknya bagus dan akan diperlukan.  Kita tahu bahwa pembangunan tidak akan pernah berhenti jadi inilah alasan saya memilih prodi teknik sipil dan pada tahun 2014 prodi ini menerima sejumlah 40 orang.
Untuk prodi pilihan kedua saya memilih ilmu komunikasi.  Berniat supaya mendapat pilihan prodi yang cukup aman apabila pilihan pertama tadi gagal.
Kebetulan juga ilmu komunikasi ini adalah prodi baru di UNY pada tahun 2014 dan untuk tahun ini penerimaanya sebanyak 40 mahasiswa.
Pilihan terakhir adalah Pendidikan Bahasa Jawa. Alasan memilih jurusan ini karena saya ingin turut serta mempelajari muatan lokal Jawa dari segi pendidikan.  Syukur-syukur nanti kalau bisa diterima dan lulus juga bisa menjadi pelestari budaya mengingat jaman sekarang ini semuanya sudah tercampur dengan budaya modern.  Sehingga banyak orang yang sudah mulai luntur Jawa-nya terutama anak-anak muda karena mereka tidak mau mempelajari dan lebih memilih budaya modern yang lebih praktis.
Itu tadi mengenai pilihan prodi, sekarang lanjut ke soal-soal SM UNY yang saya kerjakan.
Tes dilaksanakan di Kampus Fakultas Teknik UNY di Gedung 2. Lokasinya sebelah barat Gedung FT UNY. Hari itu tes dimulai jam 8.00 pagi dan di dalam ruangan yang saya tempati ada sekitar 20 orang yang juga sama-sama pendaftar kelompok IPC.
Untuk tes pertama adalah tes kemampuan dasar SAINTEK/IPA dan saya mendapatkan kode soal 256. Dalam materi tes SAINTEK ini terdapat 60 soal dimana dibagi menjadi 4 yakni 15 soal Matematika IPA, 15 soal FISIKA, 15 soal KIMIA dn 15 soal BIOLOGI. Tes dilaksanakan sekitar 90 menit dan berakhir sekitar pukul 9.45.
Tes kedua adalah tes potensi akademik yang memiliki beban soal sebanyak 100 macam dan dibagi menjadi 3 yakni tes potensi akademik/TPA, tes Bahasa Indonesia dan tes Bahasa Inggris. TPA ini dilaksanakan sekitar  jam dan berakhir pukul 12 siang dan dilanjutkan dengan jam untuk istriahat.
Yang terakhir adalah tes kemampuan SOSHUM/IPS selama 90 menit dan mulai masuk ruangan pada pukul 13.20. Pada soal kemampuan IPS ini ada 60 soal dan kali ini saya cukup kaget. Kenapa?? Karena dalam soal ternyata ada tambahan materi PKn (Pendidikan Kewarganegaraan). Jadi untuk SM UNY kali ini kemampuan SOSHUM terdapat materi Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan PKn.
Tes berakhir ketika jam hampir menunjukkan pukul 15.00
Kesan setelah seharian mengerjakan soal-soal tadi cukup membuat kepala saya pusing. Beban soalnya tidak terlalu sulit tapi juga tidak bisa dikatakan mudah artinya saya hanya bisa mengerjakan soal-soal yang memang saya anggap bisa.
Dalam 3 soal tadi tidak ada pengurangan nilai, jadi jawaban yang salah tidak mengurangi nilai dan jawaban benar diberi poin  1.
Dan pada akhirnya setelah menunggu sekitar 5 hari dan diumumkanlah hasil SM UNY mungkin belum rejeki saya sehingga saya belum berhasil menembus tes penjaringan mahasiswa dan belum bisa berkuliah di UNY pada tahun 2014 ini. Tetapi perjuangan tetap harus berlanjut dan akan selalu mencoba ketika ada kesempatn.
Selamat untuk para pejuang yang sudah bisa berhasil. Semangattt kuliahnyaa!!!

Sekian tulisan saya semoga bisa bermanfaat, Maaf apabila ada tulisan yang memang kurang berkenan dan salah penulisan karena manusia pastinya tidak terlepas dari kekurangan.

Sumber:
- Pengalaman Pribadi
- pmb.uny.ac.id/sm2014/awal/

7 komentar:

Dont forget to leave comments :)